1. Pengertian Belajar
Setiap orang pasti mempunyai pengalaman dalam ”belajar” , ada yang formal dan ada yang non formal. Bagi seorang pelajar, belajar adalah suatu kewajiban atau keharusan, karena dengan belajar, yaitu usaha atau proses untuk mengenal, memahami, dan menerapkan segala sesuatu yang dipelajari, dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi dan bermanfaat untuk mencapai apa yang dikehendaki, apa yang diharapkan dapat membuat tercapainya kesejahteraan di kelak kemudian hari.
2. Prinsip-Prinsip Belajar
Sadar akan tujuan yang akan dicapai
Pelajar memiliki rasa ingin tahu atau motivasi yang besar dalam belajar
Disiplin, tekun. Teliti serta dilakukan berkesinambungan
Mampu memanfaatkan sarana yang ada, juga mampu “menyerap pengalaman” dari situasi sekitar
Dapat menentukan sistem atau cara yang baik yang tepat dalam belajar
Mampu mengembangkan apa yang sudah dipelajari
Pelajar memiliki rasa ingin tahu atau motivasi yang besar dalam belajar
Disiplin, tekun. Teliti serta dilakukan berkesinambungan
Mampu memanfaatkan sarana yang ada, juga mampu “menyerap pengalaman” dari situasi sekitar
Dapat menentukan sistem atau cara yang baik yang tepat dalam belajar
Mampu mengembangkan apa yang sudah dipelajari
3. Tujuan Belajar
Bagi kepentingan diri sendiri
Bagi kepentingan sosial
Bagi kepentingan diri sendiri
Bagi kepentingan sosial
4. Tempat belajar
Di rumah
Di sekolah
Di lingkungan sekitar, termasuk tempat-tempat umum
Di rumah
Di sekolah
Di lingkungan sekitar, termasuk tempat-tempat umum
5. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
Kondisi siswa : kesehatan, keseimbangan antara belajar – bermain – istirahat
Tempat belajar : tenang, tertentu, bersih, rapi, cukup penerangan
Kesempatan belajar : menentukan jadwal belajar di rumah dengan tertib. Di sekolah suasana kelas harus mendukung proses belajar
Fasilitas yang memenuhi persyaratan. Di sekolah adanya perpustakaan, laboratorium, ruang untuk belajar atau berkarya
Kondisi Lingkungan ; Di sekolah : Faktor teman, guru, dll. ; Di rumah : Situasi rumah, teman bermain, faktor hiburan, dll.
Pengaturan waktu belajar : Membuat jadwal kegiatan rutin, hendaknya diusahakan dilaksanakan dengan disiplin (Di rumah)
Kondisi siswa : kesehatan, keseimbangan antara belajar – bermain – istirahat
Tempat belajar : tenang, tertentu, bersih, rapi, cukup penerangan
Kesempatan belajar : menentukan jadwal belajar di rumah dengan tertib. Di sekolah suasana kelas harus mendukung proses belajar
Fasilitas yang memenuhi persyaratan. Di sekolah adanya perpustakaan, laboratorium, ruang untuk belajar atau berkarya
Kondisi Lingkungan ; Di sekolah : Faktor teman, guru, dll. ; Di rumah : Situasi rumah, teman bermain, faktor hiburan, dll.
Pengaturan waktu belajar : Membuat jadwal kegiatan rutin, hendaknya diusahakan dilaksanakan dengan disiplin (Di rumah)
6. Kesulitan-Kesulitan Dalam Belajar
Faktor Internal : Kesehatan, kemampuan menangkap materi, semangat, perhatian pada pelajaran, kemampuan bertanya, membuat catatan, cara mengatur waktu
Faktor Eksternal : Situasi sekolah/rumah, fasilitas yang tersedia, pengaruh teknologi, pergaulan
Faktor Internal : Kesehatan, kemampuan menangkap materi, semangat, perhatian pada pelajaran, kemampuan bertanya, membuat catatan, cara mengatur waktu
Faktor Eksternal : Situasi sekolah/rumah, fasilitas yang tersedia, pengaruh teknologi, pergaulan
7. Pedoman-Pedoman
Teknik konsentrasi
Teknik membaca
Teknik menghafal
Teknik membuat catatan
Teknik membuat cara belajar
Teknik konsentrasi
Teknik membaca
Teknik menghafal
Teknik membuat catatan
Teknik membuat cara belajar
0 comments:
Post a Comment